Type something and hit enter

author photo
By On

IKAN KEMBUNG


        Kembung (Rastrelliger sp.) merupakan ikan tangkapan yang penting di kawasan Indo-Pasifik Barat. Statistik Perikanan FAO antara tahun 1990-1995 merekam angka tangkapan tahunan antara 193.932 hingga 259.748ton di wilayah Pasifik Tengah bagian barat. Di antaranya, tangkapan R. brachysoma sendiri berkisar antara 23.031 hingga 28.297 ton, namun umumnya data ikan ini tergabung dalam catatan tangkapanRastrelliger spp., atau digabungkan dengan data tangkapan kembung lelaki R. kanagurta.
Ikan Kembung
Ikan Kembung
Sebagaimana ikan kembung umumnya, dijual dalam keadaan yang masih segar di pasar atau setelah diolah terlebih dulu, kebanyakan dalam rupa “ikan cue” (ikan pindang). Ikan ini lalu diolah menjadi berbagai macam masakan: digoreng, dipepes, dimasak bumbu bali, dan juga dibakar.
       Di Thailand, pla thu (bahasa Thai: ปลาทู) merupakan ikan yang populer, digoreng dan dinikmati dengan beberapa macam hidangan yang lain.


MANFAAT
       Ikan kembung misalnya. Ternyata ikan ini mengandung omega3 lebih tinggi dibanding ikan salmon. Tak hanya itu, ikan kembung juga memiliki lemak, kalsium, vitamin A, B, dan protein. Seperti ikan tongkol dengan kandungan protein tinggi dan baik dikonsumsi anak dalam proses pertumbuhan.
       Disamping itu, minyak ikan juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Artinya kandungan dalam minyak ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan nyeri persendian.
Karakteristik : Kembung adalah nama sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makassar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.
       Ikan Kembung termasuk ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekonomis menengah, sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal. Ikan Kembung biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.
       Tubuh ramping memanjang, memipih dan agak tinggi, 1 : 3,7–6 dibandingkan dengan panjang tubuh FL (fork length). Sisi dorsal gelap, biru kehijauan hingga kecoklatan, dengan 1–2 deret bintik gelap membujur di dekat pangkal sirip punggung; sisik ventral keperakan.
Sisik-sisik yang menutupi tubuh kembung berukuran kecil dan seragam. Sirip punggung dalam dua berkas, diikuti oleh 5 sirip kecil tambahan (finlet). Jumlah finlet yang sama juga terdapat di belakang sirip anal, duri pertama sirip anal tipis dan kecil (rudimenter). Sepasang lunas ekor berukuran kecil terdapat di masing-masing sisi batang ekor. Di depan dan belakang mata terdapat pelupuk mata berlemak (adipose)
Baca juga: Ikan Kacangan
REPRODUKSI IKAN KEMBUNG Scomber neglectus
1.1. Ikan Kembung Perempuan  Scomber neglectus
1.1.2. Biologi dan Morfologi
       Ikan kembung betina (Scomber neglectus) termasuk ke dalam Ordo Percomorphi.Warna tubuh bagian atas kekuning-kunungan dan pada bagian ventral berwarna kuning keemasan.Yang membedakan kembung perempuanfengan kembung jantan adalah kalau ada kembung laki-laki terdapat bintik-bintik hitam pada bagian dorsalnya sedangkan pada bagian dorsal kembung perempuan tidak ada.Selain tubuhnya lebih gemuk dari pada ikan kembung laki-laki.Habitat kembung perempuan adalah pada air laut(Saanin,1984).
Klasifikasi (Saanin, 1984) yaitu:
Kelas       : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo      : Scombriformes
Genus    : Scomber
Spesies Scomber negletus.
       Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti torpedo dengan panjang tubuh serta hidup di sekitar dasar perairan dan permukaan perairan laut, tergolong ikan pelagis yang mengkehendaki perairan bersalinitas tinggi, suka hidup secara bergerombol baik diperairan pantai maupun dilepas pantai. Kebiasaan makanannya adalah memakan plankton besar atau kasar, copepoda dan crustacea (Kriswanto dan Suyanto,1986).
       Ciri lain dari morfologi ikan kembung Perempuan ini adalah memiliki sirip ekor bercagak dua dan lekukkan dari cagak tersebut dimulai dekat pangkalnya. Pangkal sirip ekor bentuknya bulat kecil. Jari-jari lunak dari sirip ekor bercabang pada pangkalnya. Di belakang sirip punggung dan dubur, terdapat sirip-sirp tambahan yang kecil (Djuanda, 1981).
       Warna pada tubuh ikan mempunyai banyak fungsi, (Lager et al., 1977) mengelompokkan fungsi-fungsi tersebut dalam tiga hal yaitu untuk persembunyian, penyamaran dan pemberitahuan. Jenis warna persembunyian meliputi pemiripan warna secara umum, pemiripan warna secara berubah, pemudaran warna, pewarnaan terpecah dan pewarnaan terpecah koinsiden.
1.1.3. Reproduksi
       Menurut penelitihan Musbir, memperlihatkan bahwa ikan kembung jantan dewasa pertama kali panjangnya 200,3 mm pada jantan dan ukuran 191,6 mm pada betina. Hasil yang didapat dari penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya, dimana Nurhakim (1993) mendapatkan ukuran pertama kali ikan kembung dewasa di Laut Jawa dicapai pada panjang 19,2 cm untuk jantan dan 20,4 cm untuk betina. Panjang pada pertama ikan kembung dewasa di India tercatat antara 19,0 - 22,4 cm. Kebanyakan ikan-ikan kembung dewas panjangnya sekitar 22 cm.
       Menurut Udupa (1974) panjang pada pertama kali matang adalah bervariasi antara jenis maupun dalam jenis itu sendiri, dengan demikian individu yang berasal dari satu kelas umur ataupun dari kelas panjang yang sama tidak selalu mencapai panjang pertama kali matang pada ukuran yang sama. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian Nurhakim (1993) yang mendapatkan bahwa ukuran ikan kembung pertama kali matang gonad adalah 20,4 cm untuk jantan dan 19,2cm untuk betina pada trimester kedua tahun 1991, kemudian meningkat menjadi an 21,7 cm untuk jantan dan 20,2 cm untuk betina pada trimester ketiga tahun 1991, dan menurun menjadi 18,6 cm untuk jantan pada trimester kedua tahun 1992.
       Pembuahan ikan kembung terjadi secara eksternal yaitu di keluarkan telur di lingkungan perairan. Biasanya fekunditas telur ikan kembung banyak dan telurnya tidak dicaga oleh induknya (Effendi, 2002).

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun