Type something and hit enter

author photo
By On

Protozoa
            Protozoa merupakan organisme seperti hewan, dapat bergerak bebas dan tidak berklorofil. Protozoa mempunyai alat gerak berupa kaki semu, silia (rambut getar), dan flagela (rambut cambuk), sehingga protozoa dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan alat geraknya yaitu Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, dan Sporozoa.
Protozoa
Protozoa
            Rhizopoda hidup di air laut, air tawar, atau di dalam tubuh manusia sebagai parasit. Mikroorganisme ini memiliki alat gerak berupa kaki semu atau disebut pseudopodia. Kaki semu digunakan untuk bergerak dan menangkap mangsanya. Di dalam tubuh terdapat inti sel untuk mengatur semua kegiatan di dalam sel. Contohnya adalah Amoeba, Entamoeba histolytica, dan Foraminifera.
            Flagellata hidup di air tawar, air laut, dan sebagai parasit di tubuh hewan atau manusia. Mikroorganisme ini bergerak dengan menggunakan bulu cambuk atau flagel. Contoh flagellata adalah Trypanosoma gambiense dan  Trypanosoma rhodensiense. Keduanya sebagai penyebab penyakit tidur di Afrika. Tripanosoma cruzi merupakan penyebab penyakit chagas di Amerika. Trypanosoma evansi menyebabkan penyakit sura pada ternak.
            Ciliata hidup di air tawar atau tempat yang lembab. Jenis ini bergerak dengan rambut getar (silia). Contohnya adalah Paramaecium.
            Sporozoa hidup sebagai parasit pada tubuh hewan atau manusia. Mikrooganisme ini tidak memiliki alat gerak. Contohnya adalah Plasmodium sebagai penyebab penyakit malaria.

Judul :
Protozoa
Pernyataan umum atau klasifikasi :
Protozoa merupakan organisme seperti hewan, dapat bergerak bebas dan tidak berklorofil. Protozoa dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan alat geraknya yaitu Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, dan Sporozoa.
Anggota/aspek yang dilaporkan :
Rhizopoda hidup di air laut, air tawar, atau di dalam tubuh manusia sebagai parasit, bergerak dengan kaki semu dan mempunyai inti sel.
Anggota/aspek yang dilaporkan :
Flagellata hidup di air tawar, air laut, dan sebagai parasit di tubuh hewan atau manusia, bergerak dengan bulu cambuk.
Anggota/aspek yang dilaporkan :
Ciliata hidup di air tawar atau tempat yang lembab. Jenis ini bergerak dengan rambut getar (silia).
Anggota/aspek yang dilaporkan :
Sporozoa hidup sebagai parasit pada tubuh hewan atau manusia. Mikrooganisme ini tidak memiliki alat gerak.

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun