Type something and hit enter

author photo
By On

Assalamu'alaikum...
       Salam kenal buat adik-adik dari seluruh Indonesia dan anak SMA N 1 Rembang, Jawa Tengah pada khususnya... Pembuatan KIR (Karya Ilmiah Remaja) memang telah menjadi tradisi di SMA N 1 Rembang, jangan kaget ya... Sebenarnya itu juga buat kebaikan kalian semua. Dengan adanya budaya ini maka kalian dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif, berpikir kritis, dan inovatif. Tentunya hasil dari pemikiran sendiri bukan dari pemikiran orang lain. Karena kalau dari pemikiran atau karya orang lain terus kalian menjiplaknya atau copy paste-lah istilahnya berarti, itu merupakan bentuk plagiatisme. Tentunya kalian tidak mau kan dibilang sebagai plagiat... Awalnya saya juga bingung, sangat bingung malahan banyak pertanyaan dibenak. Apa sebenarnya KIR itu? Bagaimana sih cara membuat KIR? Apa kriteria KIR yang baik? Sampai-sampai bingung sendiri untuk menentukan judul penelitian yang akan dilakukan. Di sini tidak akan dijelaskan materi panjang lebar yang menjawab semua itu. Karena Ngendikanipun Bu Galuh yang merupakan Pembimbing saya dan sangat berjasa bagi keberhasilan KIR saya, kriteria KIR yang baik itu berbeda-beda, tergantung dari institusi yang membawahi-nya.
       Sebagai tambahan informasi yang mungkin juga bisa dijadikan sebagai ilmu, pembuatan judul KIR itu menurut Bu Galuh minimal harus mempunyai 4 (empat) kata kunci. Misalnya Judul KIR saya kan "PEMANFAATAN TEPUNG BETON KLUWIH UNTUK KERUPUK SEBAGAI BENTUK DIVERSIFIKASI PANGAN" nah dari judul itu kita bisa mengetahui kata kuncinya yaitu Tepung, Beton Kluwih, Kerupuk, dan Diversifikasi pangan. Ya memang judul dan penelitian saya kurang menarik sih, tapi tak apalah yang penting bisa menularkan sedikit ilmu yang saya dapatkan dari hasil bimbingan dan sering revisi KIR ini.

Ini adalah KIR yang telah saya buat...

       Bagi kalian yang KIR-nya lolos seleksi (kalau di SMA N 1 Rembang diambil 10 karya terbaik), maka kalian akan diseleksi lagi dalam babak final, yaitu dengan mempresentasikan hasil karya kalian selama tujuh menit dalam bentuk power point, kemudian penjurian dilakukan oleh 5 orang juri. Setelah presentasi maka ada sesi pertanyaan dari dewan juri selama 20 menit. Perlu diketahui aspek penilaian diantaranya adalah kegunaan penelitian, penyajian, bahasa, dan masih banyak lagi (karena saya bukan jurinya, jadi tidak tahu), serta yang tak kalah penting adalah kekuatan mempertahankan pendapat (Dengar juri saat berbincang sebelum final dimulai).
       Untuk PPT-nya sendiri, ilmu dari salah satu Dewan Juri yaitu Bu Nurjannah, kalau membuat KIR slide pertama harus background-nya gambar penelitian yang dilakukan, dengan adanya logo instansi, judul penelitian, dan nama penelitinya. Slide selanjutnya berisi latar belakang penelitian, lalu slide selanjutnya tujuan penelitian dan manfaat penelitian, ngendikanipun rumusan masalah tidak perlu dicantumkan karena suda tertuang di tujuan penelitian. Slide berikutnya adalah landasan teori, dilanjut slide metodologi penelitian (seperlunya saja). Slide yang paling penting adalah tentunya tentang hasil penelitian dan pembahasannya. Slide selanjutnya yaitu simpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Slide yang terakhir berisi tentang saran.

Ini merupakan PPT yang saya gunakan ketika final KIR...


Tampilan awal power point untuk final KIR
Tampilan awal slide ppt

Semoga Bermanfaat...

Wassalamu'alaikum...

Ucapan Terima Kasih:
Allah Tuhan Yang maha Esa
Abah
Ibuk
Mas Aan
Mbak Ida
Dek Ela
Dek Chisnaa
Kang Yon
Ibu Galuh Pratidina
Ibu Siti Nurjanah
Kepala SMA N 1 Rembang
Dewan Guru SMA N 1 Rembang
Teman-teman Kelas XII MIA 3 Tahun Pelajaran 2015/2016

4 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun

  1. Teruskan semangat berkreatifitas dan inovasi anakku. May you be successful.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bu. Terima kasih atas dukungan doanya. Amin...

      Delete
  2. share pengalaman saat presentasi dunk !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, Bu. Akan saya share untuk berbagi pengalaman...

      Delete