Type something and hit enter

author photo
By On
Analisis SWOT Desa Trembes
Sebagai Langkah Perencanaan Pengembangan Desa


1. SWOT
       Menurut John A.Pearce dan Richard B.Robinson (2008:200) SWOT adalah: “Akronim dari strenghth (kekuatan) dan weakness (kelemahan) internal dari suatu perusahaan serta Opportunities (peluang) dan Threat (ancaman) lingkungan yang dihadapinya. Analisis SWOT merupakan teknik historis yang terkenal dimana para manajer menciptakan gambaran umum secara cepat mengenai situasi strategi yang efektif diturunkan dari “kesesuaian” eksternalnya (peluang dan ancaman). Kesesuaian yang baik akan memaksimalkan kekuatan dan peluang perusahaan serta meminimalkan kelemahan ancaman. Jika diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini memiliki implikasi yang bagus dan mendalam bagi desain dari strategi yang berhasil”.
a. Strength (Kekuatan)
Merupakan sumber daya relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pasar yang dilayani atau yang akan dilayani suatu perusahaan atau desa. Kekuatan muncul dari sumber daya dan kompetensi yang tersedia bagi perusahaan dan pada sebuah Desa.
b. Weaknes (Kelemahan)
Merupakan keterbatasan atau kekurangan dalam satu atau lebih sumber daya atau kapabilitas relative suatu perusahaan dibandingkan pesaingnnya, yang menghambat kinerja efektif perusahaan tersebut.
c. Opportunity (peluang)
Merupakan situasi utama yang menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan.
d. Threat (ancaman)
Merupakan situasi utama yang tidak menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan.
2. Pengertian Perencanaan
       Pelaksanaan semua fungsi manajemen harus diawali dengan perencanaan. Menurut Kadarman, et.a (1996:14) mengatakan bahwa: “perencanaan sebagai suatu proses menentukan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang seharusnya dilaksanakan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapainya dan sumber daya manusia yang bertanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan”. Menurut M. Karebet Widjayakusuma dan M. Ismail Yusanto (2002:20) Fungsi perencanaan memiliki 4 tujuan penting yaitu :
a. Mengurangi atau mengimbangi ketidakpastian dan perubahan-perubahan di masa mendatang.
b. Memusatkan perhatian pada pencapaian sasaran.
c. Memastikan proses pencapaian tujuan dapat terlaksana secara efisien dan efektif.
d. Memudahkan pengawasan
3. Pengembangan Desa
       Menurut Fellmann, pengertian pembangunan atau pengembangan (Fellman & Getis, 2003:357) adalah :
a. Mengubah sumber daya manusia alam dan manusia suatu wilayah atau negeri sehingga berguna daam produksi barang.
b. Melaksanakan pertumbuhan ekonomi, modernisasi, dan perbaikan dalam tingkat produksi barang (materi) dan konsumsi.
4. Strategi Dan Arah Pengembangan Desa
       Menurut Johara T.Jayadinata (2006:89). Dapat diterangkan bahwa strategi dan arah pembangunan masyarakat Desa adalah:
a. Sesuai dengan strategi pembangunan nasional.
b. Dilakukan secara bertahap.
c. Tercapainya landasan yang kuat bagi masyarakat desa untuk tumbuh dan berkembang atas kemampuan sendiri.
d. Didalam pelaksanaannya, stabilitas nasional yang sehat dan dinamis harus dapat terbina dan terpelihara.
e. Mampu mengubah struktur perekonomian Desa.
f. Dapat menumbuhkan lapangan kerja bagi masyarakat.
g. Dapat mengatur dan mengendalikan penyebaran dan pertumbuhan penduduk.
h. Dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi menurut beberapa prinsip yang telah ditetapkan.
i. Masyarakat Desa harus memegang peranan aktif dalam kegiatan pembangunan.
j. Dapat memanfaatkan potensi Desa secara rasional dan optimal tanpa menganggu keseimbangan dan kelestarian alam.
k. Dilakukan melalui tahapan desa swadaya, desa swakarya, dan desa swasembada dengan pelaksanaan secara komprehensif (menyeluruh) dan koordinatif.

5. Unsur-unsur SWOT Desa Trembes
a. Strenght (kekuatan)
Bagian dari bidang sumber daya alam (SDA) terdiri dari :
1) Memilki Sumber Daya Alam (SDA) yang banyak
Desa Trembes memiliki sumber daya alam yang sangat banyak misalnya bambu dan kayu jati. Karena wilayahnya juga merupakan salah satu dari bagian perhutani maka kekayaan berupa pohon-pohon berkayu berukuran besar di Desa Trembes juga banyak, namun kayu-kayu tersebut tidak boleh ditebang sembarangan karena milik negara.
2) Memiliki alam yang sangat indah
Dengan bentangan alam berbukit dan hutan yang masih terjaga dengan baik, Desa Trembes memiliki alam yang sangat eksotis. Ditambah dengan adanya air terjun dan gua alami menambah keindahan alam Desa Trembes.
3) Lahan pertanian yang subur
Tanah pertanian di Desa Trembes terjaga dengan baik, hal ini karena dilakukannya sistem pergantian jenis tanaman di setiap musim setiap tahunnya. Dengan adanya sistem tersebut maka kesuburan tanah tetap terjaga dengan kandungan-kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Ditambah dengan cara membiarkan tanah pertanian menganggur setelah penggunaan pupuk kimia selama beberapa waktu tertentu untuk menjaga pH tanah.
Bidang infrastruktur terdiri dari:
1) Desa Trembes merupakan jalur lalu lintas masyarakat Kecamatan Gunem bagian selatan untuk menuju pusat kota Rembang.
2) Terdapat sarana dan prasarana Desa seperti Pendidikan (PAUD, TK, SD, Madrasah Diniyah, dan TPA/TPQ), bangunan keagamaan (masjid dan musholla), sarana kesehatan (pukesmas pembantu dan bidan), serta fasilitas peningkat mutu masyarakat seperti perpustakaan desa.
3) Adanya tiga waduk untuk pengairan lahan sawah pertanian.
Bidang sosial-budaya:
1)         Desa Trembes memiliki kelompok seni pertunjukan budaya seperti Jathilan, Barongan, serta krlompok hadroh laki-laki dan kelompok hadroh dari ibu-ibu Muslimat NU.
2)         Lingkungan masyarakat yang aman, damai dan nyaman serta saling gotong royong dalam melakukan hal demi kepentingan bersama.
b. Weaknesses (kelemahan)
Bagian dari bidang pendidikan terdiri dari:
1) Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih rendah
Kualitas Sumber Daya Manusia yang masih rendah ini dipengaruhi oleh pengetahuan yang rendah. Kualitas Sumber Daya Manusia mempengaruhi penegembangan potensi di suatu wilayah. Semakin tinggi kualitas Sumber Daya Manusia, maka biasanya wilayah akan mengalami pengembangan yang maksimal. Desa Trembes memiliki kekurangan sumber daya manusia yaitu dilihat dari pendidikan. Pemuda di Desa Trembes rata-rata hanya tamatan SMP/MTs lalu putus sekolah untuk bekerja atau bagi perempuan ada yang menganggur dua tahun langsung menikah. Pemuda yang lulus S1 saja sampai saat ini belum ada 25 orang. Karena hal tersebut maka akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan dan mencari soft skill dan Hard skill yang lebih baik.
2) Kurangnya kesadaran orang tua dalam membina anak pada dunia pendidikan.
Bagian infrastruktur terdiri dari:
1) Terbatasnya sarana dan prasarana tertentu di Desa Trembes. Sarana Misalnya akses internet yang masih sulit, padahal internet saat ini juga berperan penting dalam pemajuan kualitas SDM yang akhirnya bisa memajukan kualitas Desa Trembes sendiri.
Bagian sosial-budaya terdiri dari:
1) Kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk bekerja sama membantu menjaga kebersihan lingkungan desa.
c. Oppurtunities (Peluang)
Desa Trembes menjadi sasaran perusahaan-perusahaan rokok untuk dijadikan salah satu lahan pertanian dan produksi tembakau terbaik. Desa Trembes menjadi salah satu sorotan budaya seni pertunjukan budaya karena memiliki kelompok Jathilan yang hanya ada satu di Kabupaten Rembang.
d. Threats (Ancaman)
1) Bidang pendidikan dapat dilihat dari perkembangan teknologi dan informasi, perkembangan teknologi merupakan ancaman bagi masyarakat Desa Trembes misalnya dengan ada playstation atau permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak dan para remaja-remaja, sehingga akan mempengaruhi konsentrasi belajar bagi anak-anak terutama yang masih berstatus pelajar seperti SD,SMP dan SMA.
2) Bidang pertanian, hasil bumi dari Desa Trembes hampir sama dengan desa-desa lain di sekitarnya.


S-O & S-T
S-O & S-T
W-O & W-T
W-O & W-T
6. Penyusunan Rencana Strategis Desa Trembes
       Penyusunan rencana strategis Desa Trembes disusun berdasarkan titik kelemahan yang ada pada Desa Trembes. Adapun penyusunan rencana strategis Desa Trembes dapat dilihat dari berbagai bidang diantaranya ialah:
a.    Bidang Sumber Daya Manusia
b.   Bidang infrastruktur
c.    Bidang sosial-budaya
7. Pengembangan atau pembangunan Desa Trembes
       Adapun Perencanaan pengembangan Desa Trembes ialah mencakup diantaranya ialah bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sarana dan prasarana, sosial-budaya, pemerintahan, Bidang Pertanian /Peternakan, dan pengembangan teknologi dan informasi.

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun