Type something and hit enter

author photo
By On


Mempertahankan dan Mengembangkan Usaha
bagi Pedagang Buah Kecil
Ditengah Maraknya Pasar Modern dan Swalayan
 
Zulfa dan Pedagang Buah

       Saat ini pemerintah semakin memberikan keleluasaan bagi para pemilik modal untuk membangun usahanya, salah satu sektor usaha tersebut adalah pembangunan pasar modern dan swalayan. Pemerintah terutama pemerintah daerah akan mendapatkan profit dengan pembangunan pasar modern dan swalayan tersebut. Dengan investasi para pemilik modal dalam sektor tersebut, maka dana izin usaha akan masuk dalam kas daerah. Dimana dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan daerah.
       Namun di sisi lain sepertinya masalah justru timbul. Hal tersebut senada dirasakan para pedagang kecil dan tradisional. Dimana mereka merasakan bahwa pembeli dan langganan semakin berkurang. Hal ini dikarenakan masyarakat yang memang ingin dipandang “wah” beralih untuk berbelanja di pasar modern atau swalayan. Padahal apabila diteliti lebih mendalam ternyata kualitas barang dagangan pedagang kecil juga tidak kalah, bahkan dengan harga yang lebih murah.
       Masyarakat yang lebih memilih pasar tradisional dan swalayan beranggapan bahwa membeli di pedagang kecil tradisional kotor dan kurang nyaman. Hal ini juga diaminkan oleh pedagang buah yang penulis wawancarai. Namun pedagang buah tersebut juga tidak menampik masih banyak pembeli di kiosnya, hal tersebut dikarenakan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga buah di pasar modern maupun swalayan.
       Namun disini penulis melihat hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis berusaha mencari solusi bagaimana agar pedagang buah kecil bisa bertahan ditengah maraknya pembangunan pasar modern dan swalayan. Adapun pendapat penulis hal yang perlu dilakukan oleh pedagang buah kecil mampu bertahan dan mengembangkan usahanya akan dijelaskan kemudian. Namun saran ini tidak bermaksud untuk menggurui apalagi dipaksakan, karena penulis hanya ingin berbagi pengetahuan.
Solusi Agar Tidak Kalah Saing
       Dalam menjalankan usahanya, pedagang buah yang penulis wawancarai tetap bisa menjalankan usahanya. Namun ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar pembeli mau untuk membeli di kiosnya, bahkan menjadi pelanggan (pembeli tetap). Tentu untuk memperbanyak pelanggan, penjual buah tersebut membuat pembeli merasa nyaman untuk membeli di kiosnya. Adapun aspek kenyamanan pembeli bisa diraih apabila
1.)    Pedagang menjaga kebersihan kiosnya
       Bagaimanapun juga manusia merasa nyaman dengan kebersihan. Hal tersebut merupakan fitrah manusia. Apabila pedagang buah kecil bisa menjaga kebersihan kiosnya, maka tidak akan ada alasan lagi bagi seseorang untuk tidak membeli di kiosnya. Secara tidak langsung pemmbeli akan membandingkan toko buah kecil bersih dengan harga murah dengan pasar modern dan swalayan yang juga bersih namun harga barang mahal.
2.)    Kualitas buah terjaga
       Meski dengan modal tidak besar, pedagang buah kecil tetap perlu menjaga kualitas buah dagangannya. Mereka harus memisahkan antara buah yang masih bagus atau sudah berkualitas buruk (baca: busuk). Karena apabila seorang pembeli mendapatkan buah yang busuk dari kios tersebut, secara naluri pembeli tersebut sudah tidak akan mau kembali untuk membeli lagi disana.
3.)    Keramahan terhadap pembeli
       Hal yang juga wajib dimiliki oleh seorang pedagang yang menginginkan usahanya maju adalah keramahan kepada pembeli. Pembeli akan merasa nyaman apabila pedagang tersebut melayaninya dengan baik dan ramah. Tidak bakal betah apabila pedagang menunjukkan raut wajah yang muram dengan perkataan yang seadanya (baca: kasar). Maka apabila hal tersebut terjadi pembeli enggan membeli buah di kiosnya lagi.
Saran untuk Memajukan Usaha
       Apabila pedagang buah sudah mampu mempertahankan usahanya, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan usaha agar lebih maju. Karena pengembangan usaha adalah hal yang diperlukan bagi setiap pedagang, tidak hanya pedagang bahkan setiap orang. Penulis memiliki saran bagi pedagang buah kecil agar bisa melakukan pengembangan terhadap usahanya. Adapun hal tersebut adalah
1.)    Membuka cabang di tempat lain
       Pedagang yang sudah memperoleh kepercayaan dari pelanggannya tentu akan lebih mudah berkembang. Begitupun dengan pedagang buah kecil tersebut. Apabila sudah bvanyak pembeli dan pelanggan tentu keuntungan yang didapatkan semakin besar. Keuntungan yang diperoleh tersebut harus ditabung apabila ingin mengembangkan usahanya. Keuntungan yang ditabung akan bisa menjadi modal untuk membuka cabang kios di tempat lain. Tentu bila telah memperoleh kepercayaan, di manapun kios pedagang buah tersebut berada akan dicari oleh pelanggan.
2.)    Memperkejakan karyawan
       Kios yang sudah terbuka di beberapa tempat tentu secara logika tidak bisa dijalankan (diurus) sendiri. Pedagang buah tersebut juga perlu mencari dan mempekerjakan karyawan. Tentunya karyawan yang bisa dipercaya untuk menjalankan usahanya. Hal tersebut bisa menjadikan usaha pedagang buah tersebut semakin maju.
       Dengan dilakukannya solusi dan saran yang telah dipaparkan oleh penulis, pedagang buah dengan skala kecil tetap mampu bertahan bahkan bersaing serta berkembang untuk memajukan usahanya. Usahanya tidak akan kalah meski banyak dibangun pasar modern dan swalayan dengan embel-embal “wah” dan fasilitas yang diunggulkan. Pedagang buah tersebut bisa tetap maju dengan mendapatkan kepuasan dan kepercayaan pembeli yang membeli buah di kiosnya.

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun