Type something and hit enter

author photo
By On
Agustus: Jalan Harapan itu Semakin Terbuka

Halo Sahabat! Agustus memberikanku banyak kabar gembira. Menjadi lebih lengkap dengan keluarga baru di Rumah Kepemimpinan Regional 9 Solo, seakan jalan-jalan menuju harapanku semakin terbuka lebar di sini. Harapan untuk melakukan aktivitas sosial dan pengabdian, harapan semakin berprestasi dan memperbaiki diri. Setelah mengikuti National Leadership Camp (NLC) selama beberapa hari di Depok dan Jakarta akhirnya aku dan teman-teman lainnya secara resmi menjadi bagian dari RK. Sebenarnya banyak hal yang berkesan setiap waktunya sejak masuk RK yang menjadi rutinitas, tetapi aku akan menceritakan beberapa kegiatanku selama Agustus.

Paruh I
7 Agustus 2018
 
Galang Donasi untuk Lombok dan Bali oleh Rumah Kepemimpinan Angkatan 9 Regional 9 Solo
Galang Donasi untuk Lombok dan Bali oleh Rumah Kepemimpinan Angkatan 9 Regional 9 Solo

Di paruh pertama bulan Agustus ini hal yang berkesan kumulai dari tanggal 7. Seperti yang Sahabat ketahui, dalam beberapa waktu saudara-saudara kita sedang mendapatkan cobaan dari Allah Swt. yaitu dengan adanya musibah gempa bumi. Sebagai wujud kepedulian terhadap mereka, maka kami di RK R9 Solo mengadakan galang donasi dan doa bersama. Bertepatan pada tanggal 7 Agustus 2018 banyak mahasiswa baru dengan kakak pendamping mempersiapkan segala keperluan untuk Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), semacam ospeknya mahasiswa baru. momentum tersebut menjadi sangat pas, kami berkeliling ke semua penjuru kampus yang menjadi spot berkumpulnya mahasiswa baru dan kakak pendamping. Diawali dengan doa bersama sebelum menyebar agar Allah Swt. meridhoi dan meluruskan niat kami, kemudian terbagi menjadi beberapa tim dengan pembagian wilayah. Masing-masing dari kami menjelaskan maksud dan tujuan dengan meminta izin kepada para kakak pendamping terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan doa bersama dan penggalangan donasi. Masih di tanggal yang sama, pada malam harinya ada notifikasi email dari XL Future Leaders Batch 7, sebuah beasiswa pengembangan diri dari XL Axiata. Isinya menyatakan bahwa aku berhasil lolos tahap 1 (administrasi) dan berhak mengikuti tahap 2 (GMAT dan English Test).
Pengumuman Lolos Tahap 1 XLFL Batch 7
Pengumuman Lolos Tahap 1 XLFL Batch 7

9 Agustus 2018
Pengajuan Penuh Toleransi
Pengajuan Penuh Toleransi
Lanjut pada tanggal 9 Agustus 2018 malam hari, RK mendapatkan undangan pengajian dari salah satu masjid di sekitar asrama. Pengajian itu dalam rangka aqiqah putri salah satu jamaah masjid. Mas Afif selaku supervisor mengajak teman-teman untuk menghadiri undangan itu karena menghadiri undangan merupakan sebuah kewajiban. Akhirnya aku yang kebetulan longgar bersama Mas Afif ke masjid setelah sholat isya. Hal yang membuatku merasa adem adalah sebuah toleransi antar penduduk sekitar. Masjid yang tertulis milik lembaga Muhammadiyah Surakarta namun kegiatannya seperti kultur NU tanpa ada permasalahan antarjamaah.
11 agustus 2018
Proses Pemilihan "Nahkoda" FILM 2019
Proses Pemilihan "Nahkoda" FILM 2019
Selanjutnya pada tanggal 11 Agustus 2018 adalah hari penentuan “Nahkoda” Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2019. FILM menjadi bagian dari Dies Natalis UNS dan agenda terbesar UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS yang bergerak di bidang penalaran dan keilmiahan. Sebagai Koordinator Semar Paper Competition, salah satu rangkaian FILM, tentunya hari ini menjadi tahapan terpenting kaderisasi untuk kesuksesan FILM 2019. Lingkar 1 FILM 2018 menyebut diri kami sebagai awak kapal yang terdiri dari 15 orang yaitu Ketua Panitia “Nahkoda”, Sekretaris, Bendahara, Kesekretariatan, Koordinator Sie Acara, Koordinator Sie Paper, Koordinator Sie Essay, Koordinator Sie Short Movie Competition, Koordinator Sie Expo, Koordinator Sie Seminar Great Seminarium, Koordinator Sie Sponsorship, Koordinator Sie LO & Acommodation, Koordinator Sie Konsumsi, Koordinator Sie PDD dan Koordinator Sie Perlengkapan mempersiapkan agenda ini dengan matang jauh sebelumnya karena ini menyangkut masa depan FILM 2019 dan UKM SIM UNS. Pemilihan Nahkoda FILM 2019 sendiri menjadi agenda rahasia yang dibungkus dalam acara diskusi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Inti dari pemilihan nahkoda dilakukan oleh anggota SIM 2017 karena merekalah yang akan menjalankan “Kapal” FILM 2019 untuk berlayar menuju pulau harapan. Sedangkan Lingkar 1 sebagai pendamping yang ke depannya akan menjadi Steering Comitee (SC) bagi para awak Kapal FILM 2019. Akhirnya terpilihlah nama Muhammad Afriyansyah sebagai nahkodanya.
15 Agustus 2018
LoA The 4th Annual International Conference on Spirituality and Psychology
LoA The 4th Annual International Conference on Spirituality and Psychology
Hari yang sedikit mendebarkan. Tanggal itu menjadi hari pelaksanaan tes  tahap 2 (GMAT dan English Test) XL Future Leaders. Tes yang dilaksanakan ini membutuhkan ketenangan serta akses internet yang lancar, sehingga aku mengerjakannya di asrama. Tes GMAT menguji kemampuan dalam analisis bisnis, manajemen dan komunikasi. Dilanjutkan English Test dengan beberapa sesi yang terdiri dari listening section, structure dan diakhiri dengan reading test. Masing-masing sesi terbagi menjadi beberapa subsesi. Menjadi pengalaman yang sangat berarti bisa mengikuti tes ini sebab membutuhkan kemampuan analisis, pengetahuan umum dan pemahaman terhadap permasalahan yang disajikan. Di sore harinya ada notifikasi email masuk dari Tomorrow People Organization yang menyatakan aku dengan timku lolos menjadi presenter dalam The 4th Annual International Conference on Spirituality and Psychology yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 di Bangkok, Thailand. Sebuah kabar bahagia yang sudah kunantikan sejak awal bulan Juli.

Paruh II
16 Agustus 2018
Nomor Antrian Daftar Paspor
Nomor Antrian Daftar Paspor
Sahabat, di paruh kedua kumulai dengan membuat paspor di Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta, pada tanggal 16 Agustus 2018. Alasanku membuat paspor karena suatu saat pasti berguna dan apabila ada kesempatan yang datang dan membutuhkan paspor, maka aku sudah mengamankan kesempatan itu. Persiapan yang kulakukan sebelum datang ke lokasi adalah mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan agar tidak perlu bolak-balik apabila ada kesalahan atau berkas yang kurang. Sebelumnya aku sudah bertanya pada teman-teman yang pernah membuat paspor juga searching di internet. Tentunya berangkat dengan pakaian yang rapi karena akan diambil fotonya.
17 dan 18 Agustus 2018
Launching RK9 R9 Solo
Launching RK9 R9 Solo
Tanggal ini menjadi sangat berarti bagi RK R9 Solo yang secara sah menjadi regional baru di RK. Tanggal 17 pagi R9 mengadakan peringatan HUT RI ke-73 dilanjutkan pada siang sampai sore harinya persiapan tempat acara Launching Rumah Kepemimpinan Regional 9 Solo di Ruang Aula Indraprastha UNS Inn. Persiapan dari penaataan kursi, photo booth serta tata letak lainnya. Malam harinya yaitu sesi Kajian Islam Kontemporer yang disampaikan oleh Ustadz Musholli. Pada tanggal 18 Agustus 2018 menjadi puncak acara besar dari RK dan R9. Rangkaian acara yaitu launching sebagai acara inti dan leadership talks sebagai acara sharing ilmu. Acara diisi oleh  Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, M.A., Najwa Shihab dan beberapa Alumni RK yang sudah menjadi pemimpin dibidangnya masing-masing.

Foto dengan Najwa Shihab
Foto dengan Najwa Shihab

19 Agustus 2018
Keluarga UKM SIM UNS Antargenerasi
Keluarga UKM SIM UNS Antargenerasi
Setelah tanggal 18 Agustus 2018 tidak mengikuti Expo UKM 2018, maka di hari ini aku mempunyai kesempatan untuk berkontribusi pada UKM SIM UNS untuk terlibat dalam pelaksanaan EXPO UKM 2018 di stand SIM. Hari ini banyak alumni-alumni SIM dari berbagai angkatan dan generasi yang hadir untuk menyaksikan antusiasme calon-calon SIM-mers baru penerus mereka. Sehingga ada sesi foto-foto yang menjadi agenda “wajib” bagi keluarga besar SIM antar generasi.
22 Agustus 2018
Idul Adha dengan Warga Sekitar Asrama
Idul Adha dengan Warga Sekitar Asrama
Sahabat, pada hari yang mubarak ini R9 bersama-sama warga sekitar asrama melaksanakan Sholat Idul Adha. Selesai pelaksanaan sholat kami semua berkumpul untuk menyembelih hewan-hewan kurban. Semua bekerjasama dan berbagi tugas untuk mengurus daging kurban. Antara warga dan peserta RK R9 semua akrab didasari rasa kekeluargaan. Daging kurban akhirnya dibagikan secara adil kepada warga sekitar. Acara dilanjutkan dengan makan bersama di Masjid Muchsinin setelah sholat dzuhur.
24 Agustus 2018
Nomor Antrian Pengambilan Paspor
Nomor Antrian Pengambilan Paspor
Paspor Khaolil Mudlaafar
Paspor Khaolil Mudlaafar
Setelah menunggu beberapa hari akhirnya paspor siap kuambil.  Menuju ke kantor ULP tanpa harus mengantri lama paspor sudah di tangan. Selesai mengambil paspor aku menuju kampus untuk penandatanganan Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS) oleh Pembimbing Akademik (PA). Saat meminta tanda tangan diselingi obrolan dengan PA terkait kuliah ke depannya. Pada malam harinya Peserta dan Supervisor R9 menuju ke Pondok Pesantren Takmirul Islam Surakarta untuk melaksanakan Dialog Tokoh. Dialog Tokoh kali ini diisi oleh Pimpinan Ponpes yang membahas hakikat kepemimpinan dari kacamata universal dan Islam.
Dialog Tokoh RK9 R9 Solo
Dialog Tokoh RK9 R9 Solo
25 Agustus 2018

Belanja Bahan Masakan RK9 R9 Solo
Belanja Bahan Masakan RK9 R9 Solo
Menjadi hari yang sangat seru karena bisa melakukan hobi untuk memasak. Asisten yang bertugas untuk memasak dan membersihkan asrama pulang berkunjung rumah kemarinnya tanggal 24 Agustus 2018. Semua dibagi tugas untuk mengurus asrama, aku bersama teman yang bernama Wildan mencari bahan-bahan masakan di pasar. Kami belanja di Pasar Legi, pasar tradisional yang lengkap dan pastinya halal nan baik. belanja di pasar tradisional menjadi bentuk praktik pelaksanaan muamalah dalam Islam melalui jual beli. Selain itu dengan berbelanja di pasar tradisional menjadi wujud peduli dan memajukan terhadap pedagang-pedagang kecil. Selesai belanja kami pulang untuk memasak, memasak kali ini dibantu juga oleh Fazar. Masakan yang sudah jadi akhirnya dihidangkan dan di makan bersama-sama.
27 Agustus 2018
Pengumuman Lolos Tahap 2 XLFL Batch 7
Pengumuman Lolos Tahap 2 XLFL Batch 7
Sangat tidak menyangka berhasil lolos Tahap 2, yaitu Tes GMAT dan English Test XLFL Batch 7. Info awal yang didapat setelah tes dulu bahwa pengumuman lolos tahap selanjutnya akan diberitahukan minggu awal bulan September. Akan tetapi pengumuman lebih cepat dari jadwal yang kutahu dari teman sesama pendaftar. Setelah mengecek daftar nama yang lolos ternyata namaku tercantum. Untuk tes selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 3 September 2018 berupa virtual case study dengan syarat mengirim surat rekomendasi dari kepala program studi.
28 Agustus 2018
Diskusi Online Essay KOPMA UNS
Diskusi Online Essay KOPMA UNS
Dipercaya sebagai pemateri dalam Diskusi Online Essay KOPMA UNS. Sebuah kesempatan yang berharga dan membahagiakan karena bisa berbagi sedikit ilmu menulis essay. Aku menyampaikan materi dengan topik “Bersahabat dengan Essay” dengan peserta lebih dari 120 orang. Sangat menyenangkan karena antusiasme peserta sangat tinggi dengan beragam pertanyaan. Hal itu menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik untuk lebih mengetahui essay.
29 Agustus 2018
Menjadi bagian dari ikhtiar untuk mengikuti XLFL Batch 7, maka sebagai syarat akhirnya aku datang ke kampus untuk meminta sura rekomendasi dari Kepala Program Studi Ilmu Sejarah, Ibu Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum.
30 Agustus 2018
Tahsin dan Tahfidz RK9 R9 Solo
Tahsin dan Tahfidz RK9 R9 Solo
Hari ini semua peserta sholat shubuh di Masjid Muchsinin, selesai sholat dan dzikir dilanjutkan dengan pembinaan tahsin dan tahfidz. Sebab pertama kalinya pelaksanaan, maka sesi kali ini hanya perkenalan dan sedikit praktik tahsin. Tahsin menjadi sebuah pemenuhan hak-hak huruf yang mempengaruhi arti dari sebuah kata.

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun