Type something and hit enter

author photo
By On
November: Latihan dan Terus Berlatih
Hai Sahabat!
Awal bulan berarti melaksanakan apa yang jauh-jauh sebelumnya telah direncanakan. Sebagai penanggung jawab Lomba Esai Nasional Semarak Festival Keilmiahan (SAFIK) 2018, tentunya ini merupakan puncak dari apa yang sudah diusahakan, menyukseskan acara terbesar bagi UKM Saseru Study Club (SSC) FIB, UNS. Apalagi ini merupakan kali pertamanya Esai SAFIK dilakukan dengan final presentasi, banyak finalis dari luar UNS, yang tentu akan melihat wajah kampus dari sini.

Penyelenggaraan untuk pertama kali berarti tenaga dan pengorbanan lebih harus dilakukan. Sejak Kamis, 1 November 2018 bersama teman-teman panitia lainnya berkoordinasi untuk melakukan penjemputan di beberapa tempat, mulai dari Bandara Adi Sumarmo, Terminal Tirtonadi, dan Stasiun Balapan. Betapa senangnya ketika teman-teman panitia rela meluangkan waktu, tenaga dan biaya untuk menyukseskan ini semua.

Masih di hari yang sama, di sore hari merupakan technical meeting terkait agenda selama di Solo, terkhusus untuk teknis presentasinya. Di hari pelaksanaan final, aku memberikan briefing terhadap dewan juri agar sesuai dengan harapan panitia. Semua berjalan dengan sangat lancar, terutama banyak mahasiswa FIB yang mau menyaksikan final presentasi agar mengetahui cara presentasi yang baik, karena memang ini terbuka untuk umum.

Seminar Nasional SAFIK 2018
Seminar Nasional SAFIK 2018
Di hari Sabtu, pelaksanaan seminar nasional sekaligus launching buku hasil dari sinau nulis yang telah dilaksanakan sebelumnya dan pengumuman para pemenang. Di sini saya memiliki kesempatan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum, sebagai Master of Ceremony (MC). Bersama dengan rekan dari Program Studi Bahasa Indonesia FKIP UNS yang sudah terbiasa menjadi MC.
.
SAFIK 2018
SAFIK 2018
Bulan ini RK R9 Solo juga memiliki agenda yang cukup banyak. Seperti taujih pembina oleh Ustadz Muchtarom. Isi dari sesi pembina kali ini adalah "Jadilah seperti lebah, di manapun berada tidak akan pernah membuat ranting patah. Sebaliknya, keberadaannya membawa manfaat bagi lingkungan sekitar". Pemuda adalah kekuatan, kecerdasan, ketangkasan dan kemurnian. Ingatlah bahwa di setiap perubahan pasti ada sosok pemuda yang berperan. Persatuan bangsa ini karena para pemudanya, berdirinya bangsa ini juga karena pemuda yang peduli akan nasib tanah air serta masyarakatnya. Lalu bagaimanakah kondisi pemuda khususnya pemuda Islam saat ini? Krisis identitas, mengabaikan ibadah, (terlalu) mengekor budaya Barat, (mudah) menyia-nyiakan waktu dan kurang mandiri (unentrepreneurship). Kondisi tersebut bisa diperbaiki apabila pemuda Islam mampu memaksimalkan potensi intelektual, emosional dan fisik yang dimilikinya. Potensi itu bisa direalisasikan dengan perannya melalui berbagai aspek, yaitu
Taujih Pembina November
Taujih Pembina November

1. Mendalami Islam, minimal dengan 3 aktivitas, yaitu membaca al-Quran, membaca buku-buku Islam, dan tarbiyah secara rutin,
2. Berdakwah, bisa dilakukan di rumah (dari yang paling dekat), masjid, kampus dan masyarakat (sebagai makhluk sosial), dan
3. Meningkatkan keterampilan, seperti leadership skills, management skills dan professional skills.

Jaulah Warga November
Jaulah Warga November
Selain itu dilaksanakan jaulah warga guna mengakrabkan peserta RK R9 Solo dengan warga sekitar. Kami bersilaturahim sekaligus dikenalkan mengenai agenda-agenda yang ada di lingkungan RT. Di waktu yang lain Habib Husein Ibrahim, memiliki kesempatan untuk mampir ke Solo sebelum mengisi kajian di RK R3 Jogja. Kesempatan yang beranfaat pula untuk menimba ilmu dari Beliau. Di bulan ini pula ada sharing alumni RK R4 Surabaya, sekaligus asisten manager yang pernah menjadi supervisor di regional yang sama, Mas Amron Basuki.

Sharing Alumni Mas Amron Basuki
Sharing Alumni Mas Amron Basuki

Kajian Habib Husein Ibrahim
Kajian Habib Husein Ibrahim
Tidak hanya soal keilmuan dan kehidupan sosial, namun di RK juga ditekankan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai fisik yang kuat. Untuk itu dilaksanakan beep test di halaman Stadion UNS. Hasilnya saat itu saya mendapatkan skor 9.8.
Beep Test November
Beep Test November

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun