Type something and hit enter

author photo
By On
Mei: Berbagi dan Pengabdian

Moderator Musywil PDN Wilayah V 2019
Moderator Musywil PDN Wilayah V 2019
Sekolah Kepenulisan SSC 2019
Memasuki tanggal 1 Mei 2019 ketika mayoritas aktivitas diliburkan sebagai peringatan Hari Buruh Internasional, Pengurus SSC tetap masuk untuk pelaksanaan Kelas Karya Tulis Ilmiah (KTI) 1, Sekolah Kepenulisan SSC 2019. Terlebih posisiku sebagai Kepala Bidang Riset, serta Sekolah Kepenulisan merupakan salah satu program kerja (proker) Bidang Riset, sehingga sebagai Steering Committe (SC) maka kehadiran pada agenda tersebut menjadi penyemangat adik-adik staf bidang agar senang menjalankan acaranya sehingga ilmu yang disampaikan pemateri bisa dipahami dengan baik. Kelas KTI diisi oleh Arifah Eviyanti, pada pelaksanaan yang pertama berisi motivasi bagi para peserta (Pengurus SSC) agar tertarik untuk aktif berkarya melalui tulisan. Selain itu materi yang disampaikan mengenai pengenalan KTI secara umum, mulai dari menemukan ide hingga struktur pokoknya. Pertemuan selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2019. Pada kesempatan Kelas KTI 2 ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk praktik membuat KTI secara langsung. Peserta dibentuk kelompok kecil-kecil yang nantinya menjadi kelompok tetap. Di akhir acara, para peserta diberikan penugasan terkait pembuatan KTI dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs). Pertemuan selanjutnya merupakan evaluasi karya KTI yang telah dibuat.
Kelas KTI 1 Sekolah Kepenulisan SSC
Kelas KTI 1 Sekolah Kepenulisan SSC
Sekolah Kepenulisan SSC 2019 tidak hanya kelas KTI, namun terdiri dari beberapa kelas, diantaranya Kelas Esai Ilmiah, Kelas Esai Populer, dan Kelas Public Speaking. Kelas Esai Ilmiah telah selesai dilaksanakan pada bulan April. Kemudian pada tanggal 11 Mei 2019 merupakan jadwal Kelas Esai Pupuler. Pada pelaksanaannya, peserta berkunjung ke Bilik Literasi yang merupakan sanggar milik esais dengan jumlah karya yang sangat banyak di berbagai media, yaitu Bandung Mawardi. Jumlah buku yang sangat banyak ditambah berbagai surat kabar yang ada di Bilik Literasi membuat peserta semakin mempunyai banyak kesempatan menambah wawasan literasinya. Pelaksanaan Kelas Esai Populer berlangsung seharian dengan awalan peserta yang diminta untuk membaca beberapa paragraf tulisan Bandung Mawardi sebagai pembuka pikiran. Selanjutnya banyak praktik dan evaluasi dari Bandung Mawardi langsung. Kesempatan di Bilik Literasi tidak hanya dipakai untuk belajar, melainkan diisi juga dengan diskusi, cerita dunia kampus, memahami realitas masyarakat, serta buka bersama. Sedangkan Kelas Public Speaking akan dilaksanakan setelah libur Hari Raya Iudul Fitri 2019.
Kelas KTI 2 Sekolah Kepenulisan SSC
Kelas KTI 2 Sekolah Kepenulisan SSC
Talkshow Inspiratif dan MPM 2.0
Pada malam hari tanggal 2 Mei 2019, setelah sebelumnya ditembusi Pengurus KOMADIKSI SMART sekaligus panitia penyelenggara, aku mengikuti briefing mengenai teknis penyelenggaraan acara  Talkshow Inspiratif Musyawarah Permadani Diksi Nasional (PDN) Wilayah V (Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta). Briefing tersebut guna menyelaraskan pembagian job dengan para Master of Ceremony (MC), sebab posisiku sebagai moderator di dalam acaranya. Setelah melaksanakan sholat Jumat, tanggal 3 Mei 2019 pukul 13.00 WIB bersama para pembicara, yaitu Arifah Eviyanti (Finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional Program Diloma 2018) dan Berlian Reza Rama Ismanto (Ketua PDN Wilayah V Cabang Kota Semarang), melakukan briefing agar acara berlangsung sesuai rencana. Talkshow kali ini membahas mengenai peran mahasiswa Bidikmisi di era Revolusi Industri 4.0. Sebagai mahasiswa Bidikmisi tentunya merasa senang dan berkesan, sebab bisa berbagi dengan mahasiswa lain sesama penerima Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi se-Jawa Tengah dan DIY. Acara talkshow ini berjalan dengan lancar dan baik sebab pembicara yang sangat menginspirasi ditambah banyak audien yang aktif. Suatu kesan sendiri, setelah sebelum-sebelumnya menjadi moderator dalam acara skala program studi pada akhirnya bisa menjadi moderator pada tingkat wilayah.
Musyawarah Wilayah Permadani Diksi Nasional Wilayah V (Jateng - DIY) 2019
Musyawarah Wilayah Permadani Diksi Nasional Wilayah V (Jateng - DIY) 2019
Moderator Musywil PDN Wilayah V (Jateng - DIY) 2019
Moderator Musywil PDN Wilayah V (Jateng - DIY) 2019
Pada malam harinya mengikuti agenda pusat berdaya di asrama bertajuk Menuju Puncak Manfaat (MPM) 2.0 yang dilakukan secara virtual melalui live video conference. MPM sendiri merupakan pembinaan RK agar para pesertanya memiliki rencana dan target yang jelas dalam hidup. MPM 2.0 merupakan lanjutan dari MPM 1.0, materi yang diberikan kali ini adalah dalam bermimpi kita harus bisa melakukan empa hal, yaitu yakin terhadap mimpi yang dimiliki (yakin aja dulu), melakukan kebiasaan yang baik (install great habits), memanfaatkan waktu dengan baik (lead your time), dan selalu menyertakan Allah Swt. dalam setiap mimpi dan proses mencapainya.
MPM 2.0 a
MPM 2.0 a
MPM 2.0 b
MPM 2.0 b
MPM 2.0 c
MPM 2.0 c
Menuju KKN Lentera Borneo
Sebagai Mahasiswa UNS yang sudah memasuki tahun ketiga, maka perkuliahan teori akan habis di semster ini. Selanjutnya adalah perkuliahan yang berbasis praktik dan persiapan syarat kelulusan, salah satunya adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Aku sendiri termasuk mahasiswa yang mengambil KKN periode pelaksanaan Juli – Agustus 2019. Pada pelaksanaannya aku telah tergabung dengan Tim KKN Kemitraan Lentera Borneo yang akan dilaksanakan di Desa Kaliau’, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.
Tim KKN Lentera Borneo, UNS Periode Juli - Agustus 2019
Tim KKN Lentera Borneo, UNS Periode Juli - Agustus 2019
Banyak hal yang harus dipenuhi untuk persiapan KKN ini, seperti syarat pemberkasan serta serangkaian pembekalan. Tanggal 5 Mei 2019 merupakan Pelaksanaan Pembeklaan I KKN UNS Periode Juli – Agustus 2019. Mahasiswa diminta melengkapi pemberkasan serta berkumpul dengan masing-masing tim yang telah terbentuk, sedangkan untuk mahasiswa KKN Reguler berkumpul sesuai wilayah yang telah ditentukan untuk selanjutnya dilakukan koordinasi pembentukan kelompok serta wilayah yang lebih kecil. Persiapan Tim KKN Lentera Borneo dilanjutkan  pada tanggal 29 Mei 2019 dengan pengambilan foto dari masing-masing personel untuk konten media sosial dan keperluan publikasi lainnya.

Bagian dari Pendidikan
TPA a
TPA a
Salah satu agenda kabinet asrama adalah adanya RK Educare, yang berisi pemberian fasilitas bimbingan belajar secara gratis terhadap anak-anak di lingkungan sekitar. Tentunya ketika berbaur dengan masyarakat apalagi dengan membawa hal baru, perlu diadakan pendekatan tertentu. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) menjadi salah satu jalan pelaksanaan RK Educare. TPA dilaksanakan di Masjid Muchsinin pada sore hari diikuti oleh anak-anak yang sebelumnya sudah mendaftar sebagai santri. Pertama kali peserta RK Regional 9 Solo bergabung menjadi pengajar TPA pada tanggal 6 Mei 2019. Selanjutnya jadwal mengajar akan terus dilaksanakan pada hari Senin, Selasa dan Jumat.
TPA b
TPA b
TPA c
TPA c
Kebersamaan
Mei 2019 bertepatan dengan bulan Ramadan yang sangat mulia. Selain sebagai momen untuk meningkatkan ibadah, bulan ini juga menjadi momen untuk meningkatkan silaturahmi. Pada tanggal 16 Mei 2019 asrama memiliki agenda buka bersama Pembina Regional 9 Solo. Buka bersama diadakan di aula asrama dengan persiapan tempat dan konsumsi semua disiapkan oleh peserta sesuai dengan bagiannya masing-masing. Saya bersama dengan Wildan, Wahid, dan Alif diberikan amanah untuk menyiapkan konsumsi. Sebelum buka bersama, Pak Muhtarom selaku pembina memberikan kajian terkait apa yang harus dilakukan sebagai seorang pemuda muslim.
Donor Darah di PMI Kota Surakarta
Donor Darah di PMI Kota Surakarta
Selanjutnya pada tanggal 24 Mei 2019 setelah rapat Tim KKN Lentera Borneo, anggota tim laki-laki berencana untuk melakukan donor darah. Kami bersama-sama menuju Kantor PMI Kota Surakarta, kemudian satu per satu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Ada yang belum bisa donor akibat kadar hemoglobinnya terlalu tinggi, sedangkan lainnya boleh berdonor. Alhamdulillah aku termasuk yang bisa donor, meskipun ini menjadi donor yang pertama kalinya.
Dolan Pintar Pengurus SSC 2019 a
Dolan Pintar Pengurus SSC 2019 a
Dolan Pintar Pengurus SSC 2019 b
Dolan Pintar Pengurus SSC 2019 b
Pada sore keesokan harinya, 25 Mei 2019, Pengurus SSC bersama-sama ngabuburit di Taman Balekambang. Ngabuburit ini merupakan bagian dari non program kerja Bidang PSDM bertajuk Dolan Pintar guna menangkrabkan pengurus. Pada kesempatan itu para pengurus saling cerita mengenai kondisi yang diarasakannya selama di SSC juga memberikan saran solusi yang bisa dilakukan. Mendekati waktu maghrib, kami melakukan buka bersama di Masjid Siti Aisyah, Manahan. Selang dua hari setelahnya, 27 Mei 2019, juga ada buka bersama. Kali ini dengan orang-orang yang berbeda, yaitu teman seangkatan, Ilmu Sejarah 2016. Selesai melakukan buka bersama, lalu pulang asrama untuk persiapan agaenda asrama, yaitu pelaksanaan i’tikaf bersama di Masjid Nurul Huda UNS, bersama teman-teman asrama lainnya.
Buka Bersama Ilmu Sejarah 2016
Buka Bersama Ilmu Sejarah 2016
Tanggal 29 Mei 2019 diadakan Rapat Harian Lengkap (RHL) Pengurus SSC yang merupakan program kerja Sekretaris. Acara itu juga menjadi wadah untuk sosialisasi Semarak Festival Keilmiahan (SAFIK) 2019 yang merupakan program kerja Bidang Riset sekaligus menjadi agenda terbesar SSC. Rapat ini dilakukan agar pelaksanaan SAFIK 2019 bisa dipersiapkan bersama dengan baik serta ke depannya bisa berjalan dengan baik dan sukses. Pagi hari pada tanggal 30 Mei 2019, saya bersama RCA TEAM yang merupakan Pengurus SSC juga staf Bidang Riset berkumpul untuk membahas KTI yang diikutsertakan pada LKTIN URF Unsyiah 2019. Pembahasan dilakukan bersama terkait abtrsak yang akan dikirimkan sekaligus syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi, sembari menyusun full paper-nya.

0 komentar

Terima kasih telah berkomentar dengan bahasa yang sopan, positif, serta membangun